Pada panduan Google Advertising (AdWords) yang cukup komprehensif kali
ini, Anda dapat mengikuti beberapa langkah penting untuk bisa menjadi search
marketer yang pro.
Mari kita kenali lebih dulu apa itu Google AdWords!
![]() |
Gambar Ilustrasi Google Awords |
Apa itu Google AdWords?
Google AdWords adalah alat pemasaran online berupa platform iklan yang
disediakan oleh Google. Google Advertising ini bisa memungkinkan Anda untuk
pasang target calon customer berdasarkan keyword (kata kunci), topik, waktu dan
tentunya lokasi. Anda juga bisa memasang iklan tanpa khawatir karena tinggal
menyesuaikan dengan berapa budget pemasaran yang Anda punya.
Jika Anda masih bingung, berikut adalah penjelasan sederhananya! Anda
ketik keyword di mesin penelusur Google terlebih dahulu. Misalnya, Anda ketik
“sepatu wanita kekinian”. Kemudian, Anda cek pada bagian paling atas di halaman
hasil penelusuran (SERP). Jika ada tulisan “ad” di cuplikan page yang
ditampilkan, itulah hasil jasa Google AdWords.
Apa Saja Manfaat Google AdWords?
Google adalah mesin penelusur raksasa alias paling besar dan pastinya
akan ada segudang manfaat yang bisa Anda peroleh dari jasa iklan Google AdWords
ini. Keuntungan dalam menggunakan AdWords adalah produk/jasa yang hendak Anda
iklankan akan secara otomatis muncul di halaman pertama Google. Tentunya Anda
tahu bahwa pengguna Google akan lebih banyak mengakses halaman pertama
dibanding halaman-halaman berikutnya. Selain itu, masih ada banyak lagi
keuntungan lainnyayang bisa diperoleh. Berikut adalah penjelasan berbagai
manfaat tersebut!
Anda bisa meningkatkan web traffic secara tertarget
AdWords menggunakan penghitungan PPC (Pay per Click) untuk menjumlah
biaya iklan yang Anda pasang dan berapa tarif iklan Anda akan secara otomatis
dikonversi ke visitor berdasar harga klik. Misal, Anda pasang iklan dengan uang
50 ribu rupiah per hari dan tarif klik 1000 rupiah per klik. Jadinya, Anda
bakal mendapat sekitar 50 klik per pengunjung yang dihitung dari 50.000 dibagi
1000.
Anda bisa mendapat visitor yang sesuai niche Anda
AdWords daat menayangkan iklan Anda berdasar keyword yang ditargetkan.
Misalnya, kalau Anda punya bisnis rental motor dan Anda targetkan keyword
‘rental motor murah di Bandung’, jadinya visitor yang masuk ke website Anda
lewat AdWords adalah mereka yang melakukan penelusuran sesuai dengan keyword
tersebut. Sehingga, iklan Anda nantinya tidak ditayangkan di hasil penelusuran
keyword yang tidak sesuai dengan yang telah Anda targetkan.
Reputasi website Anda bisa meningkat tanpa merusak usaha SEO
Optimasi SEO biasa dilakukan dengan memasang target keyword tertentu.
Jadi kalau Anda pasang iklan dengan AdWords, Anda tak perlu khawatir SEO Anda
hancur. Justru pasang iklan di AdWords bisa menguntungkan Anda karena pencarian
keyword yang memang banyak dicari untuk optimasi SEO nantinya bakal dimasukkan
oleh Google.
Omset penjualan Anda bisa bertambah
Website resminya mengklaim bahwa pasang iklan di Google AdWords bisa
menaikkan omset. Intinya adalah AdWords tidak bisa benar-benar terjamin
menaikkan omset suatu produk, walau memang AdWords telah berhasil memperbesar
omset penjualan sekitar 10% hingga 50%. Mengapa? Google tetap tak bisa jamin
karena kenaikan omset pastinya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Apa saja
faktornya? Misalnya target keyword, dana harian, bidang bisnis, dan lain sebagainya.
Bagaimana Cara kerja Google
AdWords?
Anda pasti penasaran bagaimana Google bisa menentukan mana iklan yang pas
untuk ditayangkan di layar audiens tertentu. Untuk mengetahuinya, mari baca
penjelasan yang kami sampaikan berikut ini!
Menurut tutorial Google AdWords
dari page resmi, ada 4 tahap dalam proses penerbitan iklan di mesin
penelusurnya. Berikut adalah tahapan-tahapannya:
·
Anda
mengetik suatu search query (kata kunci untuk ditelusuri) pada kolom pencarian
·
Google
akan menggali semua iklan yang ada berdasarkan skor kualitas, penawarannya,
ekstensi iklan, dan format iklannya
·
Iklan
yang sudah melalui proses sebelumnya dan memenangkan lelang akan ditampilkan
oleh Google
Cara Membuat Akun Google AdWords
Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat akun Google AdWords!
- Coba masuk ke homepage Google dan ketik AdWords di kotak pencarian lalu klik pada link Google AdWords yang muncul
- Kemudian lihat sudut kanan atas halaman di layar Anda, akan ada tulisan “MULAI SEKARANG”
- Masukkan info alamat email Anda dan website Anda pada kolom yang sudah disediakan
- Selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah pembuatan campaign di penjelasan berikutnya soal PPC Campaign!
Cara membuat PPC Campaign dengan
Google AdWords
Sebelum Anda membuat PPC Campaign Anda dengan Google AdWords, Anda perlu
mempersiapkan beberapa hal berikut ini:
- Anggaran dana per bulan
- Anggaran dana per hari
- Cakupan geotargeting
- Daftar keyword/ kata kunci
Salinan iklan yang sudah siap, mencakup:
- Ad heading/tajuk iklan (25 karakter)
- Description line 1/baris deskripsi 1 (35 karakter)
- Description line 2/baris deskripsi 2 (35 karakter)
- Display URL/URL yang akan ditayangkan (35 karakter)
- Destination URL/URL yang dituju (1024 karakter)
- Landing page URL/halaman yang dituju
- Desain landing page
- Gambar jika memang diperlukan, jika Anda ingin memuat gambar
Berikut adalah langkah-langkah lanjutan setelah Anda berhasil sign in dan
membuat akun Google AdWords:
- Masukkan data-data yang diperlukan pada page “Kampanye pertama Anda”. Masukkan sesuai dengan apa yang memang telah Anda siapkan sebelumnya seperti daftar persiapan yang kami sampaikan di atas.
- Pada bagian “Tetapkan tawaran Anda” sebaiknya pilih pilihan “Saya akan menetapkan tawaran saya secara manual”. Jadi, di sini Anda akan deposit uang dulu. Lalu natinya setiap biaya dipotong dari uang yang telah dibayarkan. Metode ini lebih sesuai untuk Anda yang ingin membayar lewat VCN.
- Kemudian klik tombol “Simpan dan lanjutkan” untuk sampai ke langkah terakhir yaitu “Pembayaran”
- Langkah terakhir yang perlu Anda tempuh hanyalah mengisi data kartu kredit Anda pada form yang telah disediakan oleh Google AdWords. Jika Anda telah mengisi form kartu kredit Anda dengan benar dan Google sudah berhasil melakukan pengujian penarikan dana dari kartu kredit Anda tersebut, maka Anda dibawa masuk ke page konfirmasi. Lalu konfirmasikan.Bagi pembayaran otomatis/pascabayar Anda bakal ditagih tarifnya setelah iklan sudah berjalan. Waktu penagihannya yaitu kalau telah lewat 30 hari atau biayanya sudah mencapai jumlah yang Anda tetapkan sebelumnya. Setelah Anda menetapkan menggunakan pembayaran otomatis maka Anda tidak bisa lagi merubahnya.
Cara ini sebenarnya lebih sesuai bagi Anda yang tidak punya waktu terlalu
luang untuk selalu mengontrol Adwords account Anda.
Simpulan
Dengan membaca artikel ini, Anda telah mendapatkan sebuah panduan lengkap
mengenai Google Advertising. Anda tidak hanya mengetahui apa itu Google
AdWords, bagaimana cara kerjanya, apa saja jenis-jenisnya, dan bagaimana cara
membuat akun serta PPC campaign. Sebagai providerhosting murah pertama di
Indonesia yang telah bersertifikat kualitas internasional , kami berkomitmen
untuk mensukseskan Anda secara online. Tak hanya menyediakan hosting terbaik
dan vps murah, kami juga membuat konten-konten berkualitas terkait pengembangan
bisnis. Semoga sukses, selamat mengembangkan bisnis Anda!
Pada
June 23, 2018
0 komentar untuk Panduan Google Advertising (AdWords), Baca Tutorial lengkap ini Bro…